Pulau Sulawesi versiku

10:05 PM

Rencananya lukisan nanti saya mau lukis Pulau Sulawesi, semenjak lulus kuliah rasanya saya sudah tidak pernah lagi melihat-lihat gambar pulau kelahiran saya ini :(


Menurut sumber yang saya baca pada awalnya orang Portugis yang berhasil tiba di pulau ini memberi nama "Celebes" yang berarti susah dijangkau, karena pada saat pelaut Portugis menuju pulau ini mereka mengalami kesulitan menghadapi arus air laut di sekitar pulau ini. Kemudian dinamakan Sulawesi yang berasal dari kata Sula (Pulau) dan kata besi (iron) karana kayanya pulau ini akan mineral tambangnya.

Memindahkan gambar pulau Sulawesi ke kanvas menyadarkan saya ternyata pulau-pulau kecil sekitar Sulawesi banyak sekali.Dan juga menyadarkan saya untuk mengenal lebih jauh akan pulau ini.

Pulau Sulawesi versi saya ini tentunya tidak skalatis, saya hanya ingin membuat gambaran (mem-visualkan) perjalanan saya, mulai dari lahir di Sorowako yang terletak di pelosok selangkang pulau Sulawesi ,kemudian menuntut ilmu di ibukota Sulawesi Selatan, tinggal berdua dengan kakak perempuan saya dan ipar saya yang asli Bau-Bau, salah satu kota di Sulawesi Tenggara, kemudian setelah lulus saya kembali pulang ke tanah kelahiran saya di Sorowako, bekerja disana, bertemu dengan teman-teman baru.

Saya jadi ingat seorang teman bernama Billy yang baik hati, dia mau mengajarkan program menggambar peta di komputer kantor :) . tapi sekarang dia pindah duluan, katanya mau membangun kampung halamannya di Sangir (Sulawesi Utara).

Cita-cita saya yang belum kesampaian hingga saat ini adalah keliling pulau Sulawesi, mencoba semua makanan khas tiap daerah, mendaki puncak-puncak gunung ternama di pulau ini, berenang dan menyelam di taman laut yang kesohor, mengunjungi satu-persatu pulau-pulau kecilnya . Mudah-mudahan kesampaian, Amin! :)

Sebelum kepanjangan menghayal, mending saya mulai dengan kanvas kosong ini dulu :)


You Might Also Like

0 comments

DIENG CORNER

DIENG CORNER
Owner and Instructure of DIENG CORNER

followers