Proses

9:24 PM

Seorang mas chedarr pernah mengatakan bahwa kalau seorang sastrawan punya banyak kosa kata untuk menulis, maka seorang ilustrator harus memperkaya diri dengan kosa gambar.

Mas chedarr adalah seorang ilustrator idola saya, salah seorang pendiri awal grup sketsa indonesia's sketcher bersama mbak atit, tahun 2009 kami pernah menyambangi rumahnya di jakarta, ruang kerjanya penuh buku-buku ilustrasi dalam dan luar negeri. Setelah melihat buku sketsanya pulang dari rumahnya saya (dan suami) singgah ke toko gunung agung kwitang untuk membeli cat air dan kuas bertangki pertama saya. Setelah itu bisa dipastikan menerapkan pesan mas chedarr untuk membuat banyak kosa gambar.
Ide untuk menggambar bisa dari mana saja, bisa obyek imajiner, ataupun menyeket langsung apa yang ada di hadapan kita. Bahasa yang sering dipakai oleh teman-teman di grup indonesia's sketcher adalah : nyeket langsung di lapangan (sketch on location).
Kalau lagi malas nyeket langsung, saya biasanya suka doodling atau membuat corat-coret.
Apa saja yang saya rasakan saat itu atau menghayalkan sesuatu bisa menjadi bahan untuk digambar.

Suatu pagi...cuaca sangat dingin. Hari sabtu hujan turun dan kebetulan hari sabtu off masuk kantor. Enak bergulung di kasur bersama anak dan suami saya. Sehabis bangun saya menggambar ini.


Suatu siang, suami saya menawarkan untuk membuat ilustrasi kartu lebaran kantor kami. Waktunya mepet hanya 1 minggu, temanya : budaya lokal anak sorowako saat lebaran
Saya ingat waktu saya kecil pada hari lebaran kami beramai-ramai mendatangi rumah tetangga kami yang berlebaran. Kami berangkat berkelompok, ada kelompok anak kecil dan ada juga kelompok kakak-kakak. Ada kelompok anak kecil yang lain dan suka meledek dengan menyanyikan lagu : "massiara-massiara paccapu beppa" ke kelompok anak kecil yang lain. Lagu itu populer di daerah bugis yang artinya : " berkunjung...berkunjung ngabisin kue".


Hasilnya setelah dibuat kolase

Kenangan itulah yang akhirnya saya buat untuk pesanan ilustrasi kartu lebaran kantor, ternyata desain saya terpilih,dipakai dan dicetak ribuan eksemplar.
Sepertinya saya harus memperkaya diri dengan kosa kata dan gambar yang lebih banyak




You Might Also Like

0 comments

DIENG CORNER

DIENG CORNER
Owner and Instructure of DIENG CORNER

followers