buku Nyi Vinon-Sastra Pranikah

4:08 PM

Huhuy!!!Akhirnya tiba juga paketnya :)
e ew...ni dia buku yang saya nanti-nantikan
Buku tulisan nyi vinon judulnya Sastra Pranikah. 
 

Saya tau buku ini secara kebetulan, tau sendiri tanpa dengar berita, tanpa baca berita dan tanpa direkomendasikan oleh siapapun. Saat itu saya sedang berbalas kabar dengan teman via facebook, saya iseng-iseng meng-klik sebuah iklan buku di sebelah kanan halaman "Home" facebook, bukunya warna biru muda, bujur sangkar dengan gambar sepertinya Bouraq(badan kuda berkepala perempuan berkudung yang biasanya ada di lukisan ilustrasi perjalanan isra'mi'raj nabi Muhammad SAW) dengan pewarnaan cat air. Sebuah sampul buku yang menurutku sangat "eye catching". Saya klik dan masuk ke halaman unduh 30 halaman gratis. Coba-coba lagi unduh dan baca, apakah isinya semenarik sampulnya?

That's it! ini ni bacaan yang saya suka, ringan berilmu dan dalam penuturan tak formal , tak seberat judulnya yang seperti saya bayangkan awalnya. Dimana-mana buku sastra sangat menarik bagiku, tapi yang ringan saja. Kemampuan baca dan daya nalar serta analisisku sangat kurang di bidang sastra. (Saya mencurigai ini hanya karena kurangnya referensi dalam membaca karya sastra serta kemalasan saya membaca utamanya).

Dari hasil unduhan 30 halaman bentuk PDF itu saya jadi tertarik sama penulisnya si Nyi Vinon, saya mulai ikut grup bukunya dan googling tentang buku ini. Akhirnya saya memutuskan membeli bukunya secara online. Karena kesibukan saya beberapa minggu bahkan hampir sebulan saya belum juga bertransaksi, tiba-tiba teringat lagi setelah Hubby membaca file PDF unduhan buku nyi Vinon itu. Trus kami sedikit membahas tulisannya dan setelah Hubby tau penulisnya dia bilang lho...inikan teman kerja aku dulu, belum pernah ketemu muka sih, dia di Bandung sedangkan hubby di Yogya (saya lebih suka menulis ini dibanding Jogja atau Djogya).

Wah,temannya hubby yah? hmmm...baiklah, saya akan coba dengan pede memperkenalkan diri di grup bukunya,coba-coba minta kontak email pribadinya mungkin boleh juga, siapa tau beruntung saya bisa pesan langsung bukunya lengkap dengan tanda tangan asli dari Nyi Vinon ini :) .

Yup! setelah dengan PD saya perkenalkan diri dan menjual nama suami dan tempat kerjanya dulu, saya mendapat respon yang sangatttt baik, diluar dugaan. Nyi Vinon membalas pesan saya yang saya kirim via FB juga memberikan alamat email pribadinya juga sempat becerita sedikit tentang Sorowako. Saya memperkenalkan diri saya sabagai anak yang juga tumbuh di daerah tambang nikkel dengan suasana sekolah nyaris sama dengan yang digambarkan di buku Nyi Vinon. jadi ketika membaca tulisan itu, perasaan kangen saya terhadap kampung halaman saya muncul seketika, apalagi setelah membaca di bagian tulisan yang lain juga diceritakan bagaimana kejadian-kejadian di masa kuliah dulu (di Jurusan arsitektur, sama dengan saya yang juga alumni Arsitektur, jadi sedikit banyak suasanyanya bisa saya bayangkan ketika membaca bagian itu).

Syiplah, akhirnya kami berbalas email dan saya membeli buku itu. Ini adalah belanja online saya yang pertama :) (dijaman toko online sudah menjamur dimana-mana sejak beberapa tahun yang lalu, bukan karena apa-apa saya lebih mengutamakan personal touch dari penulis buku, saya bisa saja mendapatkan buku itu langsung datang ke toko buku di kota Makassar ini, tapi saya lebih mengutamakan tandatangan nyi vinon sendiri di buku dia.)

kira-kira tak sampai seminggu paketnya datang. pak pos membawa berita. Yippy!!! siang itu saya sedang mengupas kentang di belakang rumah, hubby sedang bersiap-siap memotong ayam. Rencananya saya mau masak soto ayam, mungkin karena masih bawaan ngidam kepingin soto ayam jadi tak biasanya saya mau masak berat seperti ini (menurutku masak berat itu seperti masak soto, coto, rendang, gulai, kare, kalau masak ringan yah tumis kangkung, sayur bening, telur dadar, dan goreng tempe-kategori berat dan ringan berdasarkan banyaknya bumbu dan bahan yang perlu diolah serta lebih kepada perbedaan harga bahan dan bumbu-bumbunya).

Tak sabar mau segera mengkhatamkan buku sastra pranikahnya, acara masak-masakpun dipercepat, selesai masak setttt langsung dilahap,tring! ludes sudah soto ayam yang perencanaan masaknya membutuhkan waktu seminggu dan diskusi pencarian bahan, menu dan bumbu membutuhkan waktu seminggu pula, hanya perlu waktu 15 menit untuk menggilingnya di lambung kami. Alhamdulillah...Perut kenyang, hati riang, mual hilang buku idaman datang, Alhamdulillah...what a day today! berpelukan!!!!

ps:
**bagi yang belum membaca bukunya saya rekomendasikan deh terutama buat teman-teman jurusan arsitektur, alumni arsitektur (disini bisa dilihat betapa berkuliah di Jurusan Arsitektur bisa merambah ke dunia mana-mana saja yang kita senangi tanpa menanggalkan ilmu ke-Arsitekturan kita, justru akan sangat membantu menyeimbangkan pandangan kita dan penalaran kita tentunya)-mengingat penulis adalah alumni Jurusan Arsitektur

**Bagi teman-teman Alumni sorowako, dengan membaca buku ini kenangan semasa kecil kita di Sorowako akan hadir seketika, masa sekolah TK sampai SMU atau bahkan hingga yang beranak pinak di sorowako ;)

**bagi teman-teman narsis yang suka menulis apa saja tentang diri kalian, saya rasa ini adalah buku yang sangat inspiratif dan akan membakar semangat narsis kita dan menuliskan perjalanan hidup kita, tak perlu menjadi seorang yang tenar untuk menuliskan apapun tentang diri kita. Minimal untuk dokumentasi pribadi kita, mengingat asal-usul nenek monyang kita, mengenali keluarga kita lebih dekat, dan bisa bermanfaat bila bagikan kepada orang lain untuk membacanya.

**Dan buat yang lain, silahkan membaca buku ini, kalian akan mendapatkan sebuah pengalaman luar biasa dengan membaca buku ini, Penasaran???? (sama seperti saya dulu ketika belum membaca bukunya)

**Oh iya, didalamnya juga disajikan ilustrasi lucu karya Nyi Vinon sendiri, sangat kartun dan lucu :D :D :D (saya paling suka bagian ini...)

You Might Also Like

0 comments

DIENG CORNER

DIENG CORNER
Owner and Instructure of DIENG CORNER

followers