hal yang paling membahagiakan adalah ketika berbagi kebahagian dengan kalian :)

7:26 AM


cerita ini berawal dari Ave rekan saya si pria pembuat bola karet, dia adalah salah seorang IT di kantorku. Biasalah...karena urusan internet dan jaringan komputer yang sering bermasalah saya jadi sering konsultasi ke Ave. dari pembicaraan dengan ave saya baru tahu kalau dia itu punya blog juga. Pernah suatu hari Ave menawarkan bagaimana kalau saya memasang kolom Iklan Google di blog saya, tapi syaratnya musti daftarkan blog dulu kemudian setelah blog kita direview sama team adsense google dan disetujui, barulah kita punya kesempatan memasangnya. iklannya juga akan disesuaikan dengan isi blog kita, jadi kalau blog kebanyakan bercerita tentang tempat wisata, maka iklan yang muncul rata-rata tentang tempat wisata, hotel,atau paket tur ke berbagai negara. trus keuntungannya bagi kita sebagai pemilik blog apa?

Ave menjelaskan lagi, (kali ini secara sederhana seperti permintaanku dan keterbatasan daya tangkapku juga seh). kalau iklannya terpasang di blog kita, kemudian di tempat lain ada orang yang kebetulan sedang membuka blog kita, dan dia tertarik untuk melihat iklan yang terpasang di blok kita dengan meng-klik, maka disituah keajaiban klik di Adsense bekerja .Dari setiap klik itu kita mendapatkan bayaran (dalam dollar).
Hah??? dollar??? mau dong! Trussss, berapa sih nilai kliknya? sayangnya ave tidak melanjutkan menjawab pertanyaanku karena dia keburu dipanggil bos lagi :( Penasaran juga saya dengan cerita dan penjelasan tak tuntas ave, saya iseng-iseng daftarkan blog saya ini "rumah pohon" ke google pada hari itu juga, hari dimana Ave memberikan informasi tentang Adsense itu. Saya lupa persisnya apa isi email yang dikirimkan oleh team adsense setelah saya mendaftar, pokoknya intinya adalah PENOLAKAN karena blog saya menggunakan bahasa yang tidak didukung oleh Adsense tadi alias berbahasa Indonesia (gagal donk dapat dollar...)

Tidak kehabian akal, beberapa postingan saya buat dalam bahasa Inggris, berat rasanya secara bahasa inggris saya juga terbata-bata, kepepet saja baru lancar :(, nggak apa-apalah...sekalian belajar toh, (ini keunggulan yang bagus juga melalui Adsense, jadi ada keinginan untuk belajar bahasa Inggris), satu dua posting berbahasa Inggris lewat, saya coba menguji peruntungan lagi, Bismillah...Rumah Pohon saya daftarkan lagi di Adsense, kali ini jawaban dari team Adsensenya bilang akan mereview blog saya lagi, kalo blognya layak maka permohonan masang kolom iklannya disetujui dan kita bisa memasang templatenya di bog kita, tak cukup seminggu blog saya keterima! (Mana???itu-tuh...yang berada di kolom sebelah kiri pas dibawah google translate) tapi...kok isinya...nggak ada iklan komersial? yang ada hanya iklan layanan masyarakat? itukan gratis?kita ngak dapat dollarnya donk! Ave???

apa yang salah dari blog saya?...sementara dibayang-bayangi dollar di pelupuk mata saya terus mencari tahu, saya berusaha keras posting . Kemungkinan tebesar adalah konten blogku yang berbahasa Indonesia. Hmfff susahnya mau dapat dollar dengan modal berbahasa Inggris yang minim.
Si Hubby jadinya kebagian tugas menerjemahkan bahan postingan saya dari Indonesia-Inggris, yah kalau sedikit-sedikit sih masih bisa dibantu, kalau tiba-tiba datang hari dimana saya biasa "kesurupan" buat posting maka pastilah kelabakan juga si Hubby. Sementara si Hubby juga sedang menata kembali SENDAL JEPIT blognya yang sudah lama mati suri, memulai menjadi "pemain" di Paid to reviewnya (yang ngak bisa saya jelaskan detilnya bagaimana Paid to Review bisa menjadi ladang dollar buat pemainnya, mudah-mudahan sukses ya Hubby!) dan mempersiapkan bahan postingan buat domain yang sudah dibelinya (nanti kami launching kalo sudah kelar, ayo Hubby yang semangat yah!). Akhirnya separuh napas saya posting dengan bahasa Inggris juga, walau sangat sederhana =( fiuh...

Suatu hari, setelah rutin posting di blogku dengan berbahasa inggris, akhirnya...inilah yang saya nanti-nanti...DENG DENG ...DENG (back sound :roll drum) ada 5 iklan komersial di kolom adsense by google ku, YES! Finally!!! cepat...telpon Hubby, cari Ave!!! mereka harus menyaksikan sejarah ini...Akhirnya Rumah Pohon diakui juga sama om Adsense Google ;) tak sampai 2 hari kesenangan itu ternyata tak berlangsung lama, saya tersentak kaget tak berdaya melihat iklannya berubah, mana klan-iklan komersialnya? kenapa kembali ke ILM lagi? iklan layanan masyarakat tak berbayar itu? ugh...apa lagi yang salah? Karena postinganku kembali berbahasa Indonesia? pengunjungku menurun drastis, peringkatku turun? page rank-ku turun?
Tidak ada pemberitahuan dari google, saya kontak team adsense via e-mail juga belum ada balasan hingga hari ini, Akhirnya saya tanya Hubby dan menurut hasi goolingnya itu bisa saja karena konten saya terlalu banyak Gambar alias foto-fotonya (padahal saya mencurigai karena beberapa postingan terakhir saya menceritakan tentang produk barang di alamat web lain yg saya berikan tautan ke alamatnya juga).

yup ! Penjelasan terakhir yg diberikan si Hubby cukup masuk akal dan beralasan juga (mengingat Hubby ini kesukaannya mencari tahu hal apapun itu dengan googling, mulai dari mencari bagaimana membuka body leptop macbooknya, bagaimana membuat badge di wordpress hingga mencari resep untuk memasak jamur payung). Jika seandainya penyebab utama iklan Adsense saya menjadi ILM kembali adalah karena "terlalu banyak foto atau gambar" maka, saya tidak akan mengurangi satupun foto dari postingan saya, postingan di rumah pohon tidak akan berubah sedikitpun, isi rumah pohon tidak akan berubah sedikitpun, rumah pohon akan terus membagi keindahan dan inspirasi melalui gambar dan foto kepada para pembaca rumah pohon (karena terkadang ada hal-hal yang membuat saya bahagia dan saya ingin membaginya dengan kalian, meskipun hanya berupa coretan gambar sederhana, tanpa banyak kata-kata manis didalamnya). Jangan khawatir, saya akan terus membagi resep-resep kresi saya yang kadang aneh legkap dengan tampilan akhir masakan buatan saya, saya akan terus membagi bagaimana saya membuat boneka yang lucu dari kain-kain felt, bagaimana kami bepergian ke satu tempat dan tempat yang lainnya sambil membuat gambar sketsa, membagi foto-foto hewan unik dan aneh yang saya temukan di sekitar kantorku, memberitahukan ke kalian info halaman web mana yang bisa memberikan inspirasi

Rumah pohon akan tetap seperti ini, dengan atau tanpa adanya iklan dari Adsense. saya tidak akan merubah kontennya hanya untuk mengejar dollar dari iklan-iklan :)

You Might Also Like

2 comments

DIENG CORNER

DIENG CORNER
Owner and Instructure of DIENG CORNER

followers